Garnier skin naturals new bright complete clear up anti-acne mask (salicylic acid + niacinamide + vitamin c) REVIEW

Jujur saja, aku tidak begitu menyukai produk ini karena masker ini tidak bekerja dengan semestinya di kulitku. Aku bisa kasih ⭐⭐ = mmm gimana ya.. Aku akan cerita... 

Masker Garnier ini terbukti (clinical efficacy):

  • Setelah 15 menit bahwa 89% konsumen setuju kulit terasa lembab serta jerawat dan noda hitam tampak samar.
  • Setelah 1 minggu bahwa 9% konsumen setuju kulit tampak cerah, lawan jerawat dan noda hitam.

Namun, yang aku tidak paham, maksud dari setelah 1 minggu itu bagaimana? 😕 Apa dipakai secara rutin selama seminggu dan berapa kali dalam sehari? Nah, aku sebagai konsumen tidak tau. Apa satu masker ini dipakai selama seminggu? Wkwk kayaknya pilihan kedua ini ga mungkin, deh, karena anjuran pemakaian satu masker untuk 15 menit. Apa selama 24 jam terus-menerus pakai masker ini jadi setiap 15 menit ganti yang baru? Masker ini dianjurkan untuk dipakai tiga kali seminggu. Jadi, aku anggap aja maksud dari setelah 1 minggu itu sama saja setelah 3 kali pemakaian atau sama aja setelah 45 menit? Satu minggu itu masih tanda tanya bagi aku. 


Masker Garnier ini termasuk biodegradable sheet mask 💚 yang artinya masker ini bisa diurai dengan bantuan bakteri sehingga masker ini tidak menjadi tumpukan sampah yang sulit terurai.


Masker Garnier ini tidak mengandung bahan yang berasal dari hewan (vegan formula).


KANDUNGAN UTAMA

1. Salicylic acid (disebutkan pada urutan ke-4 dalam daftar komposisi): menghilangkan komedo; lawan jerawat. Berikut penjelasan mengenai Salicylic Acid (SA) (sumber: inci).

  • SA itu lipid soluble yang artinya SA bisa larut dalam lipid dan dapat langsung masuk ke pori-pori dan membersihkan sel-sel kulit mati yang terjebak dari sana. SA benar-benar bagus untuk mengobati komedo serta mencegah pembentukan jerawat
  • SA lebih efektif melawan komedo daripada jerawat yang meradang.
  • SA bekerja sebagai exfoliant dan anti-inflamasi yang cocok untuk kulit berminyak, pori-pori besar, komedo atau whiteheads.

2. Niacinamide (disebutkan pada urutan ke-3 dalam daftar komposisi): studi menemukan bahwa niacinamide 4% untuk pemakaian 8 minggu mampu mengurangi hiperpigmentasi dan lawan jerawat


Namun, masker Garnier ini tidak menyebutkan berapa persen kandungan niacinamide di dalamnya. 


3. Vitamin c (Ascorbyl Glucoside) (disebutkan pada urutan ke-6 dalam daftar komposisi).


Ascorbyl glucoside adalah salah satu turunan vitamin C terbaik (stabil) dan paling menjanjikan yang menunjukkan manfaat yang sama dengan vitamin C murni, tetapi kurang terbukti (in vivo vs studi in vitro) dan tingkat manfaatnya juga tidak sama. Manfaatnya adalah anti-penuaan (perlindungan antioksidan + peningkatan kolagen + hiperpigmentasi memudar). (sumber: inci)


Catatan: 

Masker Garnier ini mengandung pewangi


DAFTAR KOMPOSISI

AQUA/WATER, GLYCERIN, NIACINAMIDE, SALICYLIC ACID, AMMONIUM POLYACRYLOYLDIMETHYL TAURATE, ASCORBYL GLUCOSIDE, CAPRYOYL SALICYLIC ACID, CETYL ALCOHOL, CITRIC ACID, CITRUS JUNOS FRUIT EXTRACT, DICAPRYLYL CARBONATE, GLYCERYL ISOSTEARATE, GLYCERYL STEARATE, HEXYLDECANOL, HYDROXYACETOPHENONE, MALTODEXTRIN, MYRISTIC ACID, OCTYLDODECANOL, PALMITIC ACID, PEG-100 STEARATE, POTASSIUM HYDROXIDE, SODIUM HYALURONATE, STEARIC ACID, TOCOPHEROL, XANTHAN GUM, PARFUM/FRAGRANCE


WHO

Masker Garnier ini cocok untuk segala jenis kulit. Namun, hati-hati ya yang sensitif dengan pewangi. Selain itu, baiknya busui konsul dengan dokternya mengenai boleh tidaknya memakai masker Garnier ini. 


WHEN

Masker ini menganjurkan untuk dipakai sebanyak tiga kali dalam seminggu


TEXTURE 

Tekstur serum masker ini agak kental dan licin. Tekstur tissue maskernya berserat.


SCENT 

Masker ini memiliki wangi citrus yang segar dan lembut. Menurutku, wanginya itu tidak terlalu tajam sehingga aku tidak merasa terganggu dengan wanginya. 


COLOUR

Cairan serum dalam masker ini berwarna putih butek


PRICE & AVAILABILITY 

Masker Garnier ini tersedia di marketplace shopee dengan harga Rp20.700. Nah, ternyata harganya lebih murah di sociolla, Rp18.810 👍.


USAGE

Cara pakainya:

1. Pastikan wajah dalam keadaan bersih. 

2. Buka lipatan masker. 

3. Aplikasikan masker pada wajah. 

4. Tunggu selama 15 menit. 

5. Setelah 15 menit, lepas masker. 

6. Pijat perlahan sisa cairan serum pada wajah atau bersihkan dengan kapas. 


Nah, kalau aku, aku biarkan saja sisa cairan maskernya di wajahku semalaman hingga pagi. 


EXPERIENCE

Aku punya kulit berminyak dengan kondisi ada jerawat di pipi dan noda hitam. Pengalamanku memakai masker ini hmm jujur cairan serum masker Garnier ini banyak bangettt sampai aku aplikasikan ke leher, tangan, muka ibuku wkwkwk karena memang sebanyak itu kayaknya beneran satu masker sama dengan satu botol serum kali, ya. Nah, itu baru cairan serum yang ada dalam maskernya yang aku peras. Cairan serumnya bahkan masih ada di dalam bungkus maskernya, saking banyaknya 😲.


Saat maskernya diaplikasikan ke wajahku, rasanya adem. Ukuran maskernya sesuai dengan ukuran wajahku, hanya saja agak besar di bagian pipi sehingga aku melipatnya. Setelah 15-20 menit, aku lepas maskernya. Kemudian, aku pijat perlahan sisa cairan maskernya di wajahku dan aku aplikasikan juga perasan sisa cairan serum maskernya ke wajah, leher, tangan, dan muka ibuku wkwkwk. Cairannya berasa lengket di muka dan butuh waktu lama untuk benar-benar menyerap ke dalam kulit. Cairannya berada di atas kulitku, kayak ga mau terserap ke dalam kulit saking lamanya untuk benar-benar terserap. Semalaman itu, aku benar-benar cuma pakai masker ini karena memang rasanya lembab banget di kulit 😊.


Namun, hal yang aku bingungkan dari anjuran pemakaian di tahap akhir. Di sini bilang untuk memijat perlahan sisa cairannya atau bersihkan dengan kapas. Biasanya memang setelah pakai sheet mask ga dibilas/dibersihkan. Ya, kalau setelah maskeran, muka dibilas apa gunanya maskeran wkwkwk ya kan. Baru kali ini aku menemukan tahap akhirnya yang menganjurkan kalau sisa cairan serum maskernya dibersihkan dengan kapas. Lalu, aku memilih untuk membiarkannya semalaman. Yang terjadi malah di pagi harinya, jerawatku tumbuh gede wkwkwkwk. Nah, makanya aku bilang aku ga suka produk ini. Aku penasaran gimana jadinya kalau yang aku lakukan malah membersihkan sisa cairan serumnya. Apa jerawatku tetap bakal membesar atau lebih tenang? 😕


Selain itu, aku tidak merasakan klaim kalau jerawat dan noda hitam menjadi samar setelah pemakaian 15 menit. Jerawat dan noda hitam masih terlihat jelas di wajahku bahkan jerawatku malah membesar wkwkwk. Ya, apa yang bisa diharapkan dari sebuah masker hanya sekali pakai haha! Aku pun ga berharap jerawat atau noda hitam di wajahku akan samar dalam sekejap, sih wkwkwk. Wong, studinya aja menunjukkan pemakaian niacinamide 4% perlu waktu setidaknya 8 minggu untuk mengatasi jerawat dan hiperpigmentasi. Gimana bisa dengan satu masker ini yang tidak diketahui persentasenya hehe. Aku baca masker Garnier ini mengandung 3% bahan aktif yang terdiri dari SA, Niacinamide, dan Vitamin C. Berapa masing-masing persentasenya tidak dipaparkan sehingga aku tidak tahu.


Tambahan, menurut INCI, SA itu lebih efektif untuk komedo dibandingkan jerawat yang meradang. Akan tetapi, setelah aku perhatikan bahwa tidak begitu terlihat perubahan pada komedo di wajahku. Di samping itu, masker Garnier ini memang lebih ditujukan untuk jerawat dibandingkan komedo sehingga aku tidak begitu fokus dengan permasalahan komedo. 


PROS 👍

1. Aku lebih merasa ga bersalah kalau aku pakai biodegradable sheet mask karena ga akan menjadi tumpukan sampah.

2. Kelembapan kulit setelah memakai masker ini sangat berasa. 

3. Cairan serum masker Garnier ini yang benar-benar melimpah.  


CONS 👎

1. Aku lebih suka kalau ga ada wanginya.

2. Klaim jerawat dan noda hitam lebih samar tidak terbukti di wajahku. 

3. Cairan serumnya butuh waktu lama untuk benar-benar terserap ke dalam kulit. 

4. Satu jerawatku malah membesar setelah pakai ini, apa karena terlalu lembab ya di kulit berminyakku?

5. Ukuran maskernya yang agak besar di bagian pipi, sehingga maskernya perlu dilipat.


CONCLUSION

Aku ga suka produk ini karena yang terjadi di kulitku malah sebaliknya dari klaim yang disebutkan, dengan catatan efek yang benar-benar berasa setelah pakai masker Garnier ini adalah kulit berasa lembab. 


Gambar 1. Wajah produk masker Garnier

Gambar 2. Tekstur masker

Gambar 3. Keterangan produk masker Garnier

Gambar 4. Masker bagian pipi terlipat


















Komentar

Postingan Populer